Kamis, 29 November 2012

Boarding time

Bagi anda yang telah terbiasa bepergian via udara (pesawat terbang), tentunya sudah familiar dengan istilah-istilah penerbangan. Namun, bagi anda yg pemula atau jarang sekali melakukan perjalanan via udara sedikit tidaknya ada perasaan cemas dengan istilah-istilah  yang ada dalam proses penerbangan/transportasi via udara. Kenapa demikian ?

Ada beberapa alasan yang membuat kecemasan itu muncul .
1. Umumnya mereka takut salah informasi, karena dengan kesalahan informasi penumpang bisa ketinggalan pesawat atau membuat dirinya dikejar-kejar waktu karena pesawat sudah mau berangkat.
2. Takut ketinggalan pesawat, mungkin kita sudah menyiapkan kegiatan rencana jauh-jauh hari atau besoknya ada kegiatan penting hal ini hal ini tentunya akan berantakan jika kita ketinggalan pesawat.
3. Rugi karena transportasi udara memerlukan biaya yang tidak sedikit. Kalau sudah ketinggalan pesawat, tiket pesawat yang harganya lumayan akan hangus dan tidak bisa digantikan lagi.

Memang ada berbagai macam istilah penerbangan. Saya akan membahasnya yang penting saja dan menurut saya perlu mendapat perhatian khusus.

Ketika anda sudah mendapatkan tiket pesawat setelah proses check-in, jika anda pemula  pastinya anda akan mengamati dengan seksama dan penuh cermat isi dari tiket  tersebut. Dalam tiket pesawat tersebut akan nampak pintu yang akan anda lalui menuju ke pesawat, tempat duduk anda nantinya di pesawat, tempat ruang tunggu anda. Dan yang lebih penting lagi adalah Boarding time.

Apa sih Boarding Time tersebut. Kalau kita artikan perkata menurut bahasa inggris. Boarding artinya naik (kata keterangan) dan time artinya waktu. Jadi kalau digabung Boarding Time artinya adalah waktu naik. Dalam istilah penerbangan boarding time artinya adalah  waktu dimana para penumpang memasuki atau menaiki pesawat yang telah ditentukan.

Memang sih kadang boarding time tidak pas atau sesuai dengan waktu yang ditetapkan, Yang kemungkinan disebabkan oleh keterlambatan karena alasan tehnis dengan yang tercantum dalam tiket tapi setidaknya dapat menjadi acuan bagi anda untuk bersiap-siap sebelum menuju ke dalam pesawat.

2 komentar: